FINAL MASTERING DENGAN T-RACK

Final mastering dari sebuah musik atau lagu memiliki banyak opsi dan alternatif, mulai dari cara atau bagaimana proses mastering tersebut dilakukan, tool atau software yang digunakan hingga menginjak kepada selera Sound-Engineer yang diaplikasikan ke dalam hasil masteringnya. Tersebutlah IK Multi Media T-Rack Deluxe mastering suite yang merupakan salah satu software yang banyak digunakan untuk keperluan ini (final mastering). Soft-ware ini termasuk golongan profesional soft-ware karena terintegrasi dengan perangkat-perangkat canggih semacam Linier Phase EQ, Opto dan Classic Compressor, serta Soft Clipper yang diperlukan untuk melakukan proses mastering musik atau lagu secara profesional.

Adapun tahapan-tahapan final-mastering dengan mempergunakan T-Rack Deluxe adalah seperti berikut ini  :

Pertama, saya pergunakan T-Rack Linier Phase EQ untuk memotong low-frekwensi sebelum memasuki Compressor, dengan harapan dapat memperingan kerja kompressor karena hanya berkonsentrasi pada mid dan high-frekwensi saja. Biasa untuk low-cut filter saya mulai dengan kisaran frekwensi 35 Hz s/d 41 Hz (sebagai standar umum lagu/musik dari berbagai genre). Kisaran frekwensi ini cukup aman untuk T-Rack Deluxe, tetapi tidak cukup aman untuk software EQ yang lain, dan biasanya menyebabkan roll-off yang terlalu curam. 
Konfigurasi kisaran frekwensi low-cut filter ini tergantung kepada kita mau seberapa 'ngebass'-nya lagu/musik yang dihasilkan. Untuk lagu-lagu yang cukup menghentak semacam house-musik tentunya kisaran low-cut filternya akan berbeda.

Kedua, kita pergunakan T-Rack Opto Compressor dengan pengaturan sebagai berikut :

Ratio
Tujuan utama yang ingin dicapai dalam proses final mastering dari sebuah lagu/musik adalah menjaga kejernihan dan dinamika lagu/musik tersebut. Untuk itu, dapat diawali setting konfigurasi compressor dengan ratio rendah, misalnya 3 : 1. Pada ratio yang rendah tersebut, umumnya compressor masih dapat menghasilkan suara yang relatif bersih.

Attack Time
Konfigurasi attack time harus dilakukan dengan sedikit lebih hati-hati karena dapat mempengaruhi kejernihan suara hasil kompresi. Konfigurasi attack time yang terlalu cepat potensial membuat terciptanya sinyal-sinyal baru yang  menggangu sinyal dan dinamika lagu aslinya. Namun jika attack time terlalu lambat (misalnya diatas 55ms) akan membuat compressor malah tidak bekerja sama sekali.
Catatan : Konfigurasi attack time paling lambat yang terdapat pada komponen T-Racks Opto Compressor adalah 50ms. Namun hendaknya tidak mengkonfigurasikannya diatas 45ms, karena jika attack time lebih lambat dari itu, maka kerja compressor tidak akan terasa pengaruhnya. Sementara itu, attack time yang cepat memang terkadang perlu dilakukan untuk mengontrol jenis suara-suara distorsi dan overdrive, dengan tujuan membersihkan lagu dari banyaknya sinyal yang mengalami peak. Namun pada dasarnya, seberapa cepat attack yang harus dikonfigurasikan akan sangat bergantung dengan ketelitian pendengaran anda.

Release Time
Untuk release time pada compressor, biasanya dikonfigurasikan antara  83ms - 105ms, Konfigurasi release time yang lebih lambat dari itu akan membuat sinyal-sinyal baru hasil kompresi terdengar semakin jelas dan semakin mengganggu.

Input level
Saat mengkonfigurasikan input level pada T-Racks Opto Compressor (pada T-Racks Classic Compressor disebut juga dengan input drive ), hendaknya selalu memonitor dan memastikan konfigurasi compressor tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi, dengan cara memperhatikan level dari VU meter.
Sebagai alternatif, dapat dipergunakan  T-Racks Classic Compressor yang memiliki opsi stereo enhancement.

Ketiga, mempergunakan T-Rack Soft-Clipper dengan cara yang sangat mudah, yaitu  :
Memutar tombol gain  ke kiri secara penuh, kemudian memutar tombol gain ke kanan secara bertahap untuk menaikkan gain sebesar mungkin, namun dengan tetap memonitor kejernihan suara yang dihasilkan. Berhentilah memutar tombol tersebut pada point sebelum gain mulai terasa merusak kejernihan sinyal.
Untuk knob slope sebaiknya dibiarkan saja pada posisi -6 db , karena akan menghasilkan effect saturation yang cukup enak didengar.

Cukup mudah, silahkan anda berkreasi lebih jauh dan semoga sukses.

Ref. andrianroult.blogspot.com 
FINAL MASTERING DENGAN T-RACK
Item Reviewed: FINAL MASTERING DENGAN T-RACK 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

numpang tanya om, saya pke t-rack 3 dluxe utk mastering, lagu sudah di load trus mau di play kok lagunya berat untuk diputar ya, suaranya low banget, mhon bantuannya om. tks

Emoticon? nyengir

Silahkan meninggalkan komentar dengan bahasa yang relevan dan sopan.. # Don't Spamm ! #

Komentar Terbaru

Just load it!