REKAMAN MUSIK DIGITAL

Dengan adanya terobosan-terobosan teknologi Musik Digital, saat ini bukan hanya data not saja yang bisa direkam  (record) oleh komputer, tetapi data audio (suara) yang dihasilkan oleh instrument-instrument analog dapat juga direkam dalam proses pembuatan Musik Digital. Seperti pada perekaman audio (suara) dengan  menggunakan media pita, maka data rekaman suara pada sistem MUSIK DIGITAL ini dapat berupa bunyi apa saja, mulai dari instrumen musik akustik, efek suara semacam halilintar atau bunyi ombak, sampai kepada Vokal (suara) manusia.


Sistem perekaman suara dengan tehnik Musik Digital ini sebelumnya sudah dirintis oleh instrumen tipe Synclavier/PostPro, yaitu kombinasi instrumen synthesizer, sequencer serta perekaman suara 8 jalur. Alat tersebut banyak digunakan dalam penulisan dan perekaman musik film, misalnya untuk film Back to The Future III, The Abyss, serta serial Friday The 13th.

Jika semula tehnik rekaman Musik Digital ini hanya terjangkau oleh studio-studio rekaman profesional (semacam Abbey Road Studio),   maka belakangan ini sistem perekaman suara secara digital dengan media cakram/CD/MP3-file juga mulai dapat dinikmati oleh mereka yang anggarannya relatif lebih terbatas , dan biasanya mereka kerjakan di rumah sendiri (Home Digital Musik Recording). Hal ini dimungkinkan dengan adanya paket-paket perekam suara untuk komputer PC dan Apple Macintosh. 

Berikut ini saya berikan contoh hasil rekaman Musik Digital yang saya lakukan dengan menggunakan host "CUBASE 5" didukung dengan sample-sample SAMPLE TANK (untuk piano, saxophone dan shynteziser), REAL GUITAR (untuk karakter gitar akustik)VIRTUAL GUITARIST (untuk karakter elektrik gitar), EZ DRUMMER (untuk suara drum) serta TRILOGY (untuk bass).


Semua proses pengerjaan dari lagu/instrument tersebut mulai dari recording, mixing dan mastering saya kerjakan di rumah dengan menggunakan Sound-Card M-Audio fast-track MK-II dengan menggunakan keyboard-controller Yamaha PSR 450. Untuk proses recording, editing sampai dengan mixing saya menggunakan Cubase 5.5, sedangkan untuk proses mastering saya menggunakan Wave-Lab.

Berikut ini contoh lagunya dengan judul  ASAKU DI 2011, silahkan anda down-load dan bila anda puas silahkan mengirimkan komentar di blog ini atau via email ke CHORD DIGITAL.

Untuk plugin-plugin yang saya pakai serta proses mixing-masteringnya akan saya bahas dalam topik tersendiri.









 
REKAMAN MUSIK DIGITAL
Item Reviewed: REKAMAN MUSIK DIGITAL 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Lumayan .... maju terus ....

Aku mo d-lot demo lagunya boss

Informasi yang bagus dan jelas... salam

Emoticon? nyengir

Silahkan meninggalkan komentar dengan bahasa yang relevan dan sopan.. # Don't Spamm ! #

Komentar Terbaru

Just load it!