TEHNIK MASTERING-02 (modifikasi Har Ball)

Langkah berikutnya adalah dengan mengatur tabulasi Attk (attack), caranya seret tabulasi Attk ke atas perlahan-lahan sampai frekwensi bawah dan frekwensi atas (sinyal berwarna kuning) bergerak lebih stabil diantara batas-batas range yang berwarna biru. Seret tabulasi attk tersebut sampai pergerakan sinyal bawah dan atas benar-benar stabil.

Langkah selanjutnya adalah mengatur tabulasi Rel (master release), caranya seret ke atas secara perlahan-lahan sampai kedua frekwensi tersebut (bawah maupun atas) bergerak hampir membentuk suatu garis lurus horizontal (horizontal in movement). Lakukan tahap ini secara hati-hati.


Langkah berikutnya adalah pasang plug-ins BBE Sonic Maximizer pada effects wave-lab, atur Lo-Contour (untuk frekwensi bawah) dan Process (untuk frekwensi atas). Perhatikan baik-baik pengaruh dari masing-masing knob tersebut, anda pasti merasakan perbedaannya. Jika knob lo-contour kita putar ke kanan, maka akan terasa hentakan frekwensi-frekwensi bawah, sebaliknya jika knob process yang kita putar, maka musik kita terdengar lebih open dalam artian frekwensi atasnya semakin jelas terdengar. Aturlah knob-knob ini sesuai dengan keinginan anda, catatan untuk knob 'output level' jangan dulu diubah-ubah, karena nantinya akan diproses dengan mempergunakan plugins yang lain.

Tahapan berikutnya adalah pasang plugins PSP Vintagewarmer pada bagian effect wave-lab, plugins ini berguna untuk membuat musik kita lebih 'warm' alias 'tidak tenggelam'. Pengaturannya adalah seperti berikut ini, klik tombol disebelah kanan 'default' dan pilih Multi Band CompLim Heavy, atur aturlah knob 'drive' dan 'knee', sehingga sesuai dengan yang kita inginkan, tetapi jangan terlalu loud, karena akan menyebabkan peak atau clip (alias led merah pada wave-lab akan menyala), hasilnya musik kita akan pecah suaranya.

Berikutnya, pasang PSP Vintagemeter dan TLS Pocket Limiter pada bagian effect wavelab, alat ini berguna untuk memantau peak-level dari musik yang sedang kita mastering. Cara setting  kedua alat ini (PSP Vintage meter maupun TLS Pocket Limiter)  ini ada pada tulisan saya yang terdahulu.

Sampai di sini dulu, dan akan kita lanjutkan pada BAGIAN KE TIGA 



TEHNIK MASTERING-02 (modifikasi Har Ball)
Item Reviewed: TEHNIK MASTERING-02 (modifikasi Har Ball) 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

mas untuk mendapatkan plugin-nya dimana ya? kaya bas ama guitarnya. Thanks

Saya ada punya plug-in nya, tapi untuk plug-in bass nya (TRILOGY) cukup besar kapasitasnya mas bro..... ada 5 DVD, nanti suatu saat akan saya coba compress dulu untuk saya share kepada teman-teman.

Klo mau yang free, coba aja anda cari di blog sahabat, di http://yutsiguitarviolin.blogspot.com, kali aja ada di sana. Salam.

Saya pake wavelab 6, win 7 64-bit.
Cari plugin-plugin yang pas utk spek pc saya dimana ya?
+ Saya cari plugin-plugin yg dipake sama mas (dolananmusik) tapi gak ada, seperti Waves REQ 2 Band, waves linmb, D82 Sonic maximizer gak ketemu. Saya cuma nemu TLs pocket limiter sama Vst vintagemeter. Dibantu ya mas. Terima kasih, blog nya membantu :)

Emoticon? nyengir

Silahkan meninggalkan komentar dengan bahasa yang relevan dan sopan.. # Don't Spamm ! #

Komentar Terbaru

Just load it!