TEHNIK MASTERING-03 (modifikasi Har Ball)

Setelah kita atur knob 'gain' pada TLS Pocket Limiter ( sampai jarum vintagemeter menyentuh angka 0), maka tahap berikutnya adalah melakukan pemeriksaan RMS peak Average pada musik yang sedang kita mastering ini. Hal ini kita lakukan untuk mengetahui peak-level musik kita, paling tidak berada pada kisaran -12 db sampai -10 db.
Ternyata hasil analisa masih menunjukkan peak-level average pada kisaran -13 db. Dengan demikian kita masih dapat meningkatkan peak-level sampai menembus kisaran antara -12db s/d -10 db.
Dalam hal ini saya mempergunakan plugins tambahan yaitu Magneto yang berfungsi meningkatkan gain sekaligus membatasinya agar tidak terjadi clipping.


Adapun cara melakukan setting Magneto ini adalah dengan memutar knob 'input' perlahan-lahan ke kanan, sampai level-meter di bagian bawah-kiri menunjukkan kisaran angka - 9 db s/d -8 db. Hal ini terlihat seperti pada gambar di samping ini. Perhatikan suara yang dihasilkan, terdengar lebih detil, tebal dan warm. 
Sebelum mempergunakan Magneto ini, bisa juga kita sisipkan plugins equalizer untuk memperhalus suara.




Tahapan berikutnya adalah kita lakukan cek akhir terhadap avarage peak dari hasil proses mastering kita ini. Dan bilamana RMS peak avaragenya berada pada kisaran -12 db s/d -10 db, maka proses mastering kita telah selesai. Dan contoh musik tersebut pada bagian 01 akan berubah menjadi seperti MUSIK SETELAH MASTERING ini, yang mana RMS peak avaragenya berada pada kisaran -10,29 db s/d -10,45 db.
Cukup sudah, dan proses mastering kita mendekati akhir.


Langkah berikutnya adalah melakukan pengecekan audio-error sekaligus membetulkannya. Tata caranya telah pernah saya bahas pada tulisan terdahulu.










Selanjutnya, marilah kita menuju kepada bagian BAGIAN AKHIR/PENUTUP, rangkaian tehnik mastering ini.
TEHNIK MASTERING-03 (modifikasi Har Ball)
Item Reviewed: TEHNIK MASTERING-03 (modifikasi Har Ball) 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

artikelny sangat membantu sekali gan, sukses terus buat agan, ohy gan..
boleh minta link download Waves LinMB gk gan ?
soalnya udh di cari kmna-mna kagak ada gan,, atw boleh mnta' pluginya gan ?
hrap bantuan dari master..
:)
thanks sblmnya gan, respect sangat..

Emoticon? nyengir

Silahkan meninggalkan komentar dengan bahasa yang relevan dan sopan.. # Don't Spamm ! #

Komentar Terbaru

Just load it!