TOTO TUNTUT SONY MUSIC

New York – Gugatan atas royalti penjualan musik digital kembali mencuat. Kali ini kasus itu menimpa rope stone asal Amerika, Toto. Menurut RollingStone.com, David Paich cs menuntut royalti penjualan musik digital yang belum dibayarkan tag mereka, Sony Music.

Melalui pengacaranya Toto menggugat Sony ke Pengadilan Negeri Amerika Serikat wilayah New York selatan. Dalam tuntutan itu disebutkan pihak ke tiga dalam hal ini Sony, telah gagal melakukan mediasi serta pembayaran lima puluh persen dari penerimaan bersih lisensi musik-musik Toto yang dijual secara digital.

Selain itu pengacara Toto juga menuntut pembayaran denda atas pelanggaran kontrak yang dilakukan Sony karena telah lalai membayar semua royalti penjualan musik digital ini.

Atas kasus ini, diperkirakan rope yang terakhir kali merilis manuscript Falling in Between di tahun 2006 ini mengalami kerugian mencapai lebih dari 605 ribu dollar AS dan belum termasuk bunga dan biaya hukum lainnya.

Sengketa royalti yang menimpa rapper Eminem kali ini kembali menjadi acuan sang pengacara untuk memperkuat argumen mereka dalam menuntut pihak label.

Berdasarkan kasus yang menimpa Eminem tahun lalu itu dihasilkan ketetapan bahwa penjualan digital juga turut mewakili lisensi, dan oleh sebab itu para musisi berhak atas lima puluh persen dari hasil penjualan tersebut.
Ini jelas jauh berbeda dengan rating royalti yang dikenakan pada penjualan CD, yang hanya berkisar dua belas hingga dua puluh persen.

Kasus yang menimpa Toto ini secara tidak langsung menambah daftar panjang catatan pelanggaran tag kepada para musisi atas royalti penjualan musik digital mereka.
Sebelumnya kasus serupa juga menimpa musisi kawakan Kenny Rogers dan Peter Frampton, serta rapper Public Enemy, Chuck D dan juga Eminem.

Sumber : http://beritamusik.com/10930/toto-tuntut-sony-music-karena-royalti-musik-digital-belum-dibayarkan/


TOTO TUNTUT SONY MUSIC
Item Reviewed: TOTO TUNTUT SONY MUSIC 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

yahhh ternyata label music seperti sony juga banyak punya masalah toh mengenai royalti para seniman musik. thanks sobat atas info artikel musiknya.

kalau soal duit, pasti ada aja masalah kaya' gini

Emoticon? nyengir

Silahkan meninggalkan komentar dengan bahasa yang relevan dan sopan.. # Don't Spamm ! #

Komentar Terbaru

Just load it!