Tentang dan Seputar Music Marketing

Digital Music MarketingMusik Digital. Keahlian untuk memasarkan musik adalah suatu keahlian khusus yang tidak dimiliki oleh semua musisi. Hal ini terdengar Ironis apabila seorang Seniman yang berhasil memuat banyak karya seni yang berkualitas namun tidak memiliki kemampuan untuk menjual hasil karya mereka sehingga mereka tidak mendapatkan Royalti yang maksimal  atas kerja keras dan kreatifitasnya. Oleh karena itulah sudah sepatutnya tiap musisi memahami betul bagaimana cara memasarkan hasil karyanya sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat dan mendapatkan imbalan sesuai dengan kerja keras dan kreatifitasnya itu.

Tentang Music Marketing
Music Marketing/Pemasaran Musik yang biasa juga disebut Promosi Musik adalah aktifitas untuk memasarkan musik sehingga musik tersebut bisa didengar/dinikmati oleh banyak masyarakat. Tanpa adanya aktifitas pemasaran ini tidak mungkin musik kita dapat didengar oleh orang lain, bahkan kemungkinan besar mereka tidak akan tahu kalau kita sudah membuat musik. 

Apabila kita memberitahu beberapa teman/keluarga bahwa kita telah membuat musik dan memperdengarkannya kepada mereka, maka kita sudah bisa disebut melakukan Pemasaran Sederhana untuk musik kita, namun tentunya hasilnya-pun tidak maksimal sesuai dengan usahanya yang simpel. Sedangkan cara lain yang lebih kompleks dan lebih membutuhkan kerja keras dan juga biaya lebih juga banyak yang bisa dilakukan seperti manggung di tempat-tempat tertentu, tampil di acara-acara TV, upload video di Youtube, upload musik di Situs-situs yang menyajikan musik, atau membuat Website khusus yang menyajikan semua Informasi dan hasil karya berupa Audio-Video-Photo kita atau Band kita dan mempromosikannya secara offline maupun online melalui situs-situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, Pinterest dan lain-lain.

Perlukah Kita Menyewa Tenaga Marketing Profesional Untuk Hasil Yang Terbaik ?
Untuk Musisi/Penyanyi/Band baru, jawaban untuk pertanyaan diatas adalah ‘Tidak’. Walaupun untuk musisi yang sedang naik daun sekalipun, lebih baik tidak. Lebih baik kita belajar mempromosikan hasil karya kita sendiri dan benar-benar mengikuti perkembangan hasilnya sendiri sehingga kita tahu betul apa kendala-kendalanya dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Ditambah lagi dan tidak kalah penting, kita bisa berinteraksi langsung dengan Audiens yang merupakan Fans / calon Fans kita. Hubungan dengan Fans inilah yang sangat penting dan tidak boleh ditinggalkan oleh musisi yang ingin eksistensinya di dunia musik tetap terpelihara, termasuk musisi yang sudah terkenal sekalipun. 

Dan satu alasan lagi untuk proses pemasaran ini, belum tentu kita bisa mempercayai Staf Marketing kita untuk pengambilan tindakan yang diperlukan seperti jika dia menyatakan bahwa musik kita sudah layak untuk di-launching karena masyarakat sudah bisa menerimanya, dan pada saat kita launching ternyata hasilnya adalah sebaliknya. Kita sebagai musisi yang menderita kerugian karena salah momentum dan dia mungkin sudah menikmati gajinya, dan selesai sudah semuanya. Namun jika kita bertindak sendiri dalam melakukan Pemasaran terhadap produk musik kita, kita bisa merasakan secara langsung reaksi dari masyarakat terhadap produk musik kita dengan harapan kita bisa menemukan solusi jika ada masalah dengan proses pemasaran tersebut – yang pastinya banyak sekali kendala diawal proses memasarkan produk kita yang masih baru. Hal ini juga akan mengasah kemampuan kita dibidang Marketing Musik sehingga suatu saat nanti kita benar-benar layak disebut sebagai Musisi yang Independen. Amiiin..

Mendongkrak Usaha dalam Memasarkan Musik, dan Satu Kesalahan Yang Umum Terjadi pada Awal Proses Marketing Musik Online.
Mari kita langsung menuju ke bagian terpenting di artikel ini. Dimana jika kita melakukannya dengan baik, kita bisa punya kesempatan yang lebih besar untuk sukses dalam memasarkan musik kita dibanding dengan beberapa Musisi Independen Dunia di luar sana. Sangat menarik bukan ?

Kesalahan yang umum dilakukan oleh para musisi dalam memasarkan musiknya pertama kali adalah mereka berusaha menemukan penggemar di tempat yang salah. Dan lebih parahnya lagi, mereka berlebihan dalam mempromosikan musiknya dengan melakukan promosi digital melalui situs-situs jejaring sosial seolah-olah nama mereka atau Band mereka sudah terkenal. Hal ini justru akan membuat pendengar potensial (calon fans) kita ‘ilfil’ dan justru menjauhi kita. Pada kenyataannya, dengan meng-add atau mem-follow penggemar satu-persatu bukanlah cara yang efektif untuk meraih hati mereka. Malah lebih buruk lagi kita akan masuk dalam daftar Spam mereka.

Jadi apa cara yang paling efektif untuk menjangkau penggemar ?
Carilah tempat dimana para fans potensial kita biasa nongkrong, dan raih hati mereka sekaligus dengan performa musik kita.

Cara ini tentunya juga lebih masuk akal dan juga lebih relevan daripada ‘mendatangi’ mereka satu-persatu dan memprospek mereka melalui media sosial. Satu kali manggung dengan membawakan beberapa lagu kita dapat meraih banyak audiens dan untuk selanjutnya kita bisa melanjutkan dengan strategi internet marketing melalui jejaring sosial dengan mempromosikan website kita.

Masih tersisa pertanyaan yang mengganjal mengenai penjelasan diatas yaitu : dimana tempat kita bisa menemukan beberapa penggemar sekaligus, dan bagaimana caranya kita bisa meraih hati para pendengar dengan satu kali performa ?

Untuk tempat para penggemar berkumpul dalam 1 tempat bisa bervariasi, bisa juga dibedakan menurut genre musik kita. Namun pada dasarnya tempat berkumpul para penggemar ini dibedakan menjadi dua : Offline dan Online. Offline bisa di kafe-kafe, pujasera, pameran atau mall-mall yang menyajikan panggung musik didalamnya, dan lain-lain. Sedangkan Online bisa di Stasiun Radio yang menyajikan wawancara dan Live performa maupun dengan memutar hasil rekaman lagu-lagu kita, dengan meng-upload Audio hasil rekaman ke Website-website toko music online, meng-upload Video di Youtube Channel, membuat Website resmi untuk Band/Solo kita, dan masih banyak lagi.

Untuk selanjutnya kita akan membahas lebih banyak tentang promosi musik secara Online, mengapa Online ? Hal ini dikarenakan alasan kemudahannya dalam memanfaatkan Internet untuk promosi musik yang sesuai dengan trend masa kini yaitu Digital Download, dan juga karena pemasaran Online juga sangat potensial dalam menjangkau lebih banyak fans – bisa sampai ke seluruh penjuru Dunia. Tentunya hal ini juga menimbulkan tantangan yang lebih besar juga sesuai dengan hasil yang mungkin kita bisa dapatkan, Strategi Marketing Online yang baik sangat dibutuhkan untuk memastikan kita melakukan semuanya dengan benar. Bukankah untuk proses belajar tidak boleh berhenti sampai kapanpun ?

 
- See more at : http://www.musisiindependenindonesia.com/strategi-marketing-musisi dunia/#sthash.A9x2LgTQ.dpuf
 
Tentang dan Seputar Music Marketing
Item Reviewed: Tentang dan Seputar Music Marketing 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Silahkan meninggalkan komentar dengan bahasa yang relevan dan sopan.. # Don't Spamm ! #

Komentar Terbaru

Just load it!