BELAJAR MIXING DRUM VSTi

Setelah beberapa waktu yang lalu telah aku tuliskan tentang dasar-dasar Mastering (digital musik), maka tidak ada salahnya bilamana kali ini aku coba sedikit uraikan pengalamanku melakukan mixing drum vsti. Proses mixing, khususnya mixing drum vsti ini bisa dikatakan gampang-gampang susah, tergantung kondisi kita sendiri (lagi tune on apa nggak). Langsung aja proses mixing drum vsti ini aku paparkan (seluruhnya merupakan pengalaman aku sendiri). Perlu aku jelaskan proses mixing drum vsti kali ini, aku menggunakan host Cubase5, dan untuk drum vsti-nya aku mempergunakan EZdrummer.


Untuk proses mixing drum vsti ini aku mempergunakan M-audio Fasttrack untuk sound-cardnya.
Setelah aku setting pada tempo 120 bpm, aku pilih jenis Snare, Toms, Hats, Cymbals dan Kick-nya, kemudian aku masukkan sample  midinya ke dalam Track (midi) 01. Dan beginilah gambarnya  :

Dan inilah suara asli dari (midi) dari gambar tersebut di samping   :
Suara asli midi EZdrummer, dan belum aku apa-apakan alias masih polos. Hasilnya terdengar parah alias kasar sekali.

Selanjutnya aku coba untuk mengotak-atik (editing, tune-on, panning dan balancing) serta menerapkan pola mixing "seolah-olah" kita berada tepat dihadapan Sang drummer.

Dan .............................. beginilah hasil utak-atik seperti yang aku uraikan diatas, tetapi masih tetap bertahan pada format midi 1 (satu) track, dan setelah dilakukan panning, terdengarlah efek stereonya. Dan inilah suaranya Suara drum setelah panning..

Aku masih belum merasa puas, karena dalam perasaan aku suara mesin (alias digitalnya) masih kental terdengar, walaupun sudah jauh lebih baik dibanding suara aslinya.

Selanjutnya aku lakukan pemecahan dari 1 track midi menjadi 5 track wav (audio), yaitu 1 track mono-audio untuk hit-hats, 1 track mono-audio untuk snare-drum, 1 track mono-audio untuk kick-drum, 1 track stereo-audio untuk tom-tom dan 1 track stereo-audio untuk splash dan cymbals.

Kondisinya jadi seperti gambar berikut ini.


Selanjutnya aku lakukan proses mixing yang sebenarnya dengan menambahkan beberapa plugin-plugin yang kegunaannya untuk memberikan sentuhan analog drum, warmer dan sedikit compressor serta reverb tipis.Ditambah dengan mengatur frekwensi untuk beberapa instrument, terutama snare biar bisa jadi tebal.
Dan setelah ulik sana-ulik sini, putar ini-putar itu, tarik sana-tarik sini ...... hasilnya menjadi seperti dibawah ini, suaranya lumayan jernih, ada efek ruangnya, warm dan tidak terlalu kering. Lumayanlah, aku cukup puas. Inilah  hasil terakhir nya, tetapi hasil ini belum di mastering.

Tambahan : Baiklah aku informasikan juga perihal plugin-plugin yang aku terapkan pada belajar mixing drum vsti kali ini adalah  : BT Compressor FA 770-3, Blueverb DRV-2080, AMT Max-Warm dan VST Vintage Warmer serta sedikit penyesuaian dengan mempergunakan LinMb.

Demikian uraian pengalaman perihal belajar mixing drum vsti ini aku akhiri, mudah-mudahan ada manfaatnya buat kita semua.

BELAJAR MIXING DRUM VSTi
Item Reviewed: BELAJAR MIXING DRUM VSTi 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Mantap gan ... lain waktu coba pakai BFD Vsti ... pasti maut ....

Cara memisahkan audionya di export ke wav dulu masing2 sound nya gan?
terus kita import satu2 dibikin track? atau edit lgsung di bagian Mixer EZ nya??

di routing itu yahh?

mksh boz setelah membaca jd pingin nangiz sangat bermanfaat.

Emoticon? nyengir

Silahkan meninggalkan komentar dengan bahasa yang relevan dan sopan.. # Don't Spamm ! #

Komentar Terbaru

Just load it!