DIGITAL MUSIK : AMT MASTERING

AMT Mastering sebagaimana judul posting ini pada dasarnya adalah merupakan sebuah tehnik (trik) mastering  dalam dunia musik digital dengan menggunakan software AMT (Analog Mastering Tools) by Nomad. AMT (Analog Mastering Tools) ini adalah sebuah software mastering digital musik yang terdiri dari 3 (tiga) plugins yaitu AMT Amp Leveling, AMT Max Warm dan AMT Multi Max, yang mana ketiganya didisain sebagai suatu alat atau lebih tepatnya plugins yang powerfull dan effisien. Software musik digital ini termasuk ke dalam golongan "high resolution limiter and multiband dynamics processor" yang tentunya sangat membantu kita dalam menyelesaikan proses mastering (sebuah lagu/musik khususnya dalam khazanah digital musik processing).
Dengan bantuan AMT (Analog Mastering Tools) ini kita dapat hadirkan 'nuansa analog' untuk permainan musik-musik digital kita.

Baiklah, langsung aja kita menuju ke TKP ...........


Pertama-tama adalah kita melakukan proses mixing untuk lagu/instrumen kita, dan contohnya adalah CHORD_LATIN-01. Perhatikan baik-baik, suara yang dihasilkan masih terdengar jauh di belakang (kependhem-bhs.jawa) walaupun sudah rata. Untuk proses perataan sinyal audio/frekwensi ini saya mempergunakan bantuan Waves LinMb, seperti yang tertera pada gambar disamping (untuk memperjelas tinggal klik gambarnya aja). Adapun tingkat kekerasan  (gain) musik/instrument tersebut di atas berada pada level maksimum -6 db.

Langkah kedua kita pasangkan plugins AMT Max Warm dengan mempergunakan setting Fast +4.0 db with EQ. Langkah kedua ini pada dasarnya adalah untuk memberikan nuansa 'more natural warm sound' sebagaimana yang merupakan fungsi utama dari AMT Max Warm itu sendiri. Sebagai tambahan, AMT Max Warm ini telah dilengkapi dengan 'two-band equalizer' lengkap dengan modul pengatur frekwensinya. Selanjutnya hasil dari pemasangan AMT Max Warm ini adalah seperti ini CHORD_LATIN-02. Bila kita simak baik-baik, pasti terdengar lebih 'warm' bila dibandingkan dengan yang pertama di atas.

Cara saya men-setting alat ini terlihat pada gambar di samping (klik untuk memperbesar gambar).

Langkah ketiga atau yang terakhir adalah kita pasangkan AMT Amp Leveling dengan mempergunakan setting Mastergain +6.0 db. Catatan pada bagian recovery kita set pada angka 3 (medium) agar release-nya tidak terlalu cepat. Jika dirasakan kurang keras, kita tinggal memutar knob Input thres, sampai kepada kekerasan yang kita inginkan. Nah, hasil daripada penggunaan AMT Amp Leveling ini adalah seperti ini CHORD_LATIN-03. Bagaimana ? Lebih mantap tentunya.
Proses mastering ini kita lakukan langsung di host (Cubase5) jadi tidak tidak menggunakan bantuan Wave-Lab lagi, tetapi dalam analisa akhir kita mempergunakan bantuan Wave-lab, dan ternyata hasil analisa akhirnya seperti yang terlihat pada gambar di samping ini, dimana  RMS Power avarage berkisar diantara -12.60 db sampai dengan -11.61 db.
Bila dirasa kurang keras, anda tinggal memprosesnya lagi dengan  bantuan Wave-lab.


Oh ya, hampir lupa, untuk proses analisa peak-power saat melakukan mastering lewat cubase ini, kita mempergunakan bantuan PSP Vintage-meter dengan setting pada -6 db.


Akhir kata, selamat bereksplorasi dan mencoba menerapkan tehnik ini. 
DIGITAL MUSIK : AMT MASTERING
Item Reviewed: DIGITAL MUSIK : AMT MASTERING 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Ada tehnik-tehnik lain pa nggak ?

kasih tips-tips yang lainnya gan ...

Iya gan, kali-kali aja ada tips & trik lainnya ... thanx

Mohon dibuatkan tips dan trik untuk mixing digital musik

Rasanya kok sulit ya untuk memberantas para pembajak itu ....

thanks for telling about AMT mastering! learnt a lot here!

Emoticon? nyengir

Silahkan meninggalkan komentar dengan bahasa yang relevan dan sopan.. # Don't Spamm ! #

Komentar Terbaru

Just load it!