MUSIK DIGITAL : CUBASE SX

Cubase SX adalah software multitrack digital recording (musik-digital) keluaran  perusahaan Steinberg. Seperti halnya software dari perusahaan saingannya yaitu Cakewalk Sonar yang merupakan lanjutan dari Cakewalk Pro Audio 9 tetapi tidak diberi nama Cakewalk versi 10, Cubase SX ini juga tidak dinamakan sebagai Cubase VST versi 6 untuk menghapus kesan Cubase SX hanya upgrade biasa dari Cubase VST versi 5 juga karena software ini dibuat berdasarkan 'engine' dari Nuendo, salah satu software digital-musik profesional yang juga merupakan produksi dari Steinberg.

SISTEM OPERASI DAN KEBUTUHAN KOMPUTER
 
Untuk dapat menggunakan software musik-digital Cubase SX ini Anda wajib menggunakan sistem operasi Windows 2000 atau Windows XP (pro). Hal ini disebabkan karena sejak awal software ini dibuat dan dites hanya pada Windows 2000 dan Windows XP. Apabila Anda masih menggunakan Windows 98, Steinberg tidak menjamin Cubase SX akan dapat berjalan lancar terutama dalam hal sinkronisasi MIDI dan audio, suatu hal yang penting dalam lingkungan kerja profesional.
Selain itu untuk menjalankan software musik-digital ini, Anda membutuhkan komputer minimal Pentium III 500MHz dengan RAM 256 MB. Steinberg sendiri merekomendasikan komputer dengan speed 1 GB dengan RAM sebesar 512 MB agar Cubase SX ini dapat berjalan lancar dan maksimal. Tentu saja semakin canggih komputer Anda, semakin baik kinerja Cubase SX ini.

Tampilan Mixer dari Cubase SX.


PERBANDINGAN CUBASE SX DENGAN CUBASE VST DAN CAKEWALK SONAR

Pada saat pertama kali menjalankan software musik-digital Cubase SX, Anda akan merasakan sesuatu yang berbeda dibandingkan Cubase versi sebelumnya yaitu dalam hal interface / tampilan layarnya. Cubase SX terasa lebih bernuansa modern dengan tampilan yang mengkilat dan warna-warna cerah yang rasanya lebih enak untuk dilihat daripada Cubase versi sebelumnya.

Dalam hal manajemen data lagu, Cubase SX tidak mengenal lagi konsep 'Song' dan 'Arrangement' seperti Cubase versi sebelumnya. Keduanya digabungkan menjadi suatu 'Project'. Jadi semua 'Song' dan 'Arrangement' lama Anda akan diimpor menjadi 'Project' baru dan semua seting akan disimpan pada folder project.

Pada saat Anda membuka project baru akan ditampilkan 'Arrange View' dengan tampilan yang berbeda dari Cubase VST versi sebelumnya. Terdapat toolbar baru di bagian atas 'Arrange View' yang dapat mengurangi penggunaan klik kanan mouse seperti yang biasanya dilakukan pengguna Cubase VST. Juga ada toolbar transport baru untuk fungsi-fungsi seperti playback, record dan loop.

Seperti halnya konsep 'Project' yang telah ada lebih dahulu pada software musik-digital Cakewalk Sonar, konsep 'Track Inspector' yang berisi informasi dan seting suatu track pada Cubase kelihatannya mirip juga dengan Track View dari Cakewalk Sonar. Apakah ini berarti Cubase SX mewaspadai pesaing utamanya dari Cakewalk ? Hanya mereka saja yang tahu.

Pada tampilan Mixer, sekarang hanya ada satu virtual mixer yang menampilkan baik data MIDI maupun data audio lengkap dengan semua fungsi penting yang tersedia serta dapat diatur agar tampilannya sesuai keinginan Anda.

Dalam hal penanganan audio loop pada Cubase versi sebelumnya terasa agak menyulitkan yaitu dengan metode 'Match Point' yang kurang user-friendly. Untungnya pada Cubase SX hal ini sudah diperbaiki dengan metode yang menyerupai gaya Cakewalk Sonar atau ReCycle yaitu sebuah loop dapat di-slice, diubah susunannya dan dapat mengikuti tempo dari project Anda walaupun tetap tidak sefleksibel fungsi editing dari Cakewalk Sonar atau software Acid.

Satu hal yang akhirnya diimplementasikan dalam software musik-digital Cubase SX ini adalah 'unlimited undo' dalam arti Anda dapat membatalkan perintah atau editing yang telah dilakukan sebelumnya, hal yang sudah sejak lama ada di software musik-digital lainnya seperti Cakewalk Sonar. Hanya saja fitur pada Cubase SX lebih canggih daripada yang ada pada Cakewalk Sonar yaitu Anda dapat meng-undo perintah tertentu tanpa membatalkan perintah sesudahnya. Istilahnya adalah 'Offline Process History'. Sebagai contoh Anda mengaplikasikan efek reverb pada suatu track audio dan sesudahnya melakukan editing pada track lainnya, dengan fungsi undo Cubase SX, Anda dapat membatalkan efek reverb tersebut tanpa membatalkan editing yang Anda lakukan sesudahnya pada track lain. Hal ini kiranya merupakan fungsi yang sangat berguna.

EFEK MIDI CUBASE SX

Pada software musik-digital Cubase SX ini juga disediakan beberapa plug-in efek MIDI yang walaupun implementasinya lebih dahulu ada pada Cakewalk Sonar tetapi penggunaannya pada Cubase terasa lebih mudah dan lebih bermanfaat. Efek MIDI ini berfungsi mengubah output track MIDI menjadi sesuatu yang berbeda dan pengerjaannya dilakukan secara real-time.

Efek MIDI yang tersedia antara lain 'Arpache', arpeggiator yang dapat mengubah sebuah chord menjadi serangkaian not yang diarpeggio dan Anda dapat mengatur urutan not serta temponya. Lalu ada 'AutoPan' yang berfungsi mengubah posisi pan suatu track MIDI sehingga menjadi lebih dinamis. 'Chorder' yang berfungsi membuat sebuah chord baik chord major atau minor dan chord-chord lainnya dengan input sebuah not sebagai nada dasarnya, berguna bagi Anda yang tidak mempunyai keyboard MIDI dan ingin merekam progresi chord MIDI. Sedangkan efek MIDI 'Compress' berfungsi memperkecil atau memperbesar perbedaan volume dari data MIDI dalam suatu track seperti halnya fungsi efek compressor untuk data audio. Juga ada 'MIDIEcho' yang berfungsi seperti halnya efek echo untuk data audio. Efek 'Transformer' berfungsi mengubah suatu jenis data MIDI menjadi data MIDI lainnya secara real-time. Yang juga menarik adalah 'Step Designer' yang berfungsi sebagai MIDI pattern sequencer untuk data seperti velocity, filter cut-off atau data controller lainnya.


VST PLUG-IN DAN VSTi

Dalam hal efek audio (VST) dan virtual instrument (VSTi), software musik-digital Cubase memang sejak dahulu sudah menjadi standar. Sedangkan Cakewalk Sonar dengan format DXi-nya baru memulai tradisi virtual instrument beberapa tahun belakangan. Hal ini menjelaskan banyaknya efek audio dan virtual instrument yang tersedia di pasaran dibandingkan format DirectX. Bahkan Cubase menyediakan wrapper untuk plug-in format DX sehingga efek yang ada pada Cakewalk Sonar juga muncul di Cubase SX. Hal yang tidak bisa dilakukan oleh Cakewalk Sonar tanpa software konverter VST to DX seperti FXpansion Adapter.

Cubase SX menyertakan semua plug-in efek dari Cubase versi sebelumnya. Selain itu disediakan juga beberapa virtual instrument baru seperti drum machine LM-7 dan Waldorf a1 analog synthesizer. LM-7 adalah peningkatan dari LM-9 pada Cubase versi sebelumnya dan merupakan drum sample player 24-bit dengan 12-voice polyphoni. Sedangkan Waldorf a1 adalah analog synthesizer yang mampu membuat sound-sound analog yang berkualitas bagus serupa dengan versi hardware Waldorf (Waldorf adalah perusahaan terkenal pembuat keyboard synthesizer Microwave, Pulse, dan Q).


Dalam hal efek, Cubase menyediakan efek-efek standar seperti reverb yang diambil dari Nuendo, efek-efek bermanfaat dari FXpansion dan juga yang berkualitas bagus seperti efek De-Esser dari SPL, efek distorsi QuadraFuzz serta efek-efek lainnya.

Yang agak membingungkan adalah selama ini Cubase selalu memproklamirkan bahwa VST adalah format yang 'open standar' artinya dapat digunakan dalam software lain yang mendukung VST, tetapi ternyata VSTi bawaan dari Cubase SX seperti Waldorf a1 tidak dapat digunakan oleh software lain yang mendukung VSTi seperti Fruityloops. Kelihatan ada kontradiksi di sini, dimana disatu sisi VST adalah open standar tetapi di sisi lain, VSTi dari Cubase SX tidak dapat digunakan di host lain.

MIXING SURROUND UNTUK DVD

Software musik-digital Cubase SX mendukung mixing dalam format surround yaitu mixing lebih dari dua channel audio seperti untuk format DVD. Untuk menggunakan fasilitas ini, Anda harus menggunakan audio card dengan output lebih dari dua atau sebanyak output dari format yang diinginkan. Selain itu Anda harus mempunyai sistem speaker yang surround pula. Format yang biasa digunakan adalah 5.1 Surround yang populer digunakan untuk bioskop atau DVD.

 
VST SYSTEM LINK

Salah satu teknologi baru dalam software musik-digital Cubase SX ini adalah 'System Link'. Dengan 'System Link' ini pengguna Cubase SX dapat menggabungkan dua atau lebih komputer secara bersamaan melalui satu kabel digital untuk membentuk suatu sistem Cubase yang terpadu. Artinya kalau Anda mempunyai satu atau beberapa komputer yang sudah 'out-of-date' atau ketinggalan jaman, Anda dapat memanfaatkannya sebagai tambahan 'processing power' misalnya untuk menjalankan VSTi tertentu sehingga tidak membebani komputer utama. Keunggulan lainnya dari software musik-digital ini adalah Anda dapat menggabungkan komputer dengan sistem operasi Windows dan Macintosh untuk membentuk suatu sistem Cubase.

KESIMPULAN

Dengan software musik-digital Cubase SX ini terasa ada peningkatan signifikan dari Cubase VST dalam berbagai hal seperti interface, manajemen data lagu, unlimited undo, MIDI plug-in, virtual instrument dan efek VST, mixing surround serta teknologi 'System Link'. Selain itu terasa penggunaan klik mouse lebih berkurang dan windows yang dibuka lebih sedikit dibandingkan pada saat menggunakan Cubase VST, yang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi kerja pada Cubase SX. Peningkatan-peningkatan ini bisa bermanfaat atau tidak tergantung kebutuhan bermusik dan selera Anda. Dari forum Cubase.net juga terdapat dua sisi yaitu pengguna Cubase VST yang tidak menyukai perubahan pada Cubase SX dan di sisi lain yang menyukai perubahan pada Cubase SX. Penulis sendiri ada di pihak yang terakhir yang menyukai perubahan pada software musik-digital Cubase SX ini.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, sebelumnya ada tiga pemain besar dalam software multitrack digital recording (musik-digital) berbasis PC yaitu Emagic Logic, Steinberg Cubase dan Cakewalk Sonar. Setelah Emagic memutuskan menghentikan versi Windows dari software Logic Audionya dan bertahan di Macintosh saja, sekarang tinggal dua perusahaan yang saling bersaing yaitu Cakewalk Sonar dan Steinberg Cubase. Dengan demikian hanya tinggal masalah subyektif, software mana yang Anda pilih karena secara teknologi keduanya tidak berbeda jauh.

Info lebih lanjut kunjungi situs resmi Cubase di http://www.steinberg.net

Contoh produksi musik dengan Cubase SX-5
 






Artikel-artikel lain yang mungkin anda perlukan :

MODEM BERKARET
MEMBUAT BLOG MENJADI SEO FRIENDLY
POSTING CEPAT TERINDEKS GOOGLE
1000 BACKLINK GRATIS
DNS JUMPER PERCEPAT KONEKSI INTERNET
MUSIK DIGITAL : CUBASE SX
Item Reviewed: MUSIK DIGITAL : CUBASE SX 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Software Virtual Studio yang bagus juga .......

Virtual Studio produksi Steinberg ini memang bagus dan layak untuk dicoba

Saya ingin belajar.tentang musik digital cubase..perangkat apa saja yang diperlukan..sekalian bisa kasih info belinya dimana khususnya sofware dan perangkat soundcardnya..tks

Emoticon? nyengir

Silahkan meninggalkan komentar dengan bahasa yang relevan dan sopan.. # Don't Spamm ! #

Komentar Terbaru

Just load it!