MENGENAL GOOGLE WEBMASTER TOOLS

Salah satu alat yang di perlukan oleh para webmaster (pemilik web/blog) adalah webmaster tools, sebenarnya tidak hanya para webmaster saja yang membutuhkan webmaster tools ini, sebagai blogger kita juga membutuhkan alat ini untuk memantau perkembangan blog kita di search engine. Webmaster tools tersedia gratis di masing-masing search engine, seperti punya search engine paling populer, Google.

Kali ini kita akan mengenal apa itu Google Webmaster Tools dan cara penggunaannya. Google Webmaster Tools bisa di kunjungi di alamat berikut ini http://www.google.com/webmasters/tools/. Kita bisa login dengan menggunakan akun google (kalau sudah daftar di Gmail, berarti kita telah mempunyai akun Google). Menggunakan Google Webmaster Tools memudahkan kita sebagai webmaster/blogger untuk berkomunikasi dua arah dengan Google.

Google Webmaster Tools adalah salah satu bantuan atau fitur yang diberikan oleh google dalam memudahkan para pemilik web/blog untuk mengamati top search keyword, domination keywords in blog, Indeks, kata kunci populer, seberapa sering Google mampir ke blog anda serta masalah - masalah lainnya seperti broken link , dan crawl errors. Tentunya google webmaster ini sangat berguna untuk para newbie maupun master. Namun sekarang Google Webmaster Tools semakin mantap. sekarang Google Webmaster sudah mendukung data Impressions & Clickthrough untuk blog kita.

Manfaat utama menggunakan webmastertools ini adalah mempercepat index blog kita di google, sangat berguna untuk mengoptimalkan SEO blog, selain itu juga menambah trust Google terhadapat blog kita, seperti mendapatkan sitelinks dan menampilkan breadcrumb blog kita di hasil pencarian google, lalu bagaimana cara mendaftar di Google Webmaster Tools ? Sebenarnya kita tidak perlu mendaftar pada Google Webmaster Tools ini, cukup kita memiliki akun email Google atau gmail. Selanjutnya kita langsung dapat sign-in pada Google Webmaster Tools ini.

CARA MEMAKSIMALKAN GOOGLE WEBMASTER TOOLS

Memaksimalkan Fungsi Google Webmaster Tools merupakan kunci utama dalam meraih keberhasilan pada pengelolaan blog agar nangkring di Google, tidak hanya teknik seo pada template dan meta blog tetapi settingan pada google webmaster tools sangat berpengaruh besar dimana google webmaster tools berfungsi sebagai pemaksimalkan proses pengindekan blog terhadap mesin pencari (search engine). Karena kita ada pada kekuasaan google, jadi apa rahasia-rahasia yang ada pada webmater tools : 

Membuat format feed pada sitemap
Salah satu cara memudahkan spider google mengindex halaman yaitu dengan mengarahkannya melalui sitemaps. Untuk mempermudah dalam membuat sitemaps gunakan jasa sitemaps generator khusus blogspot. Atau format standar feed Atom.xml. dan siapkan juga format cadangan feed yaitu

rss.xml
feeds/posts/default
feeds/posts/default?alt=rss
/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Lakukan site verification

Site verification adalah dengan memasang meta tag Google pada blog kita hal ini perlu dilakukan sebagai bahan informasi bahwa kita telah mendaftar di Google search engine dan mempercepat kerja spider Google, serta mencegah agar jangan sampai terjadi duplicate meta tag verification karena Google tidak suka ini.
 
Selanjutnya Google akan memberikan tata-cara memverifikasi Google meta ke blog kita, pilih secara manual copy paste kode tersebut dalam blog, letakkan dibawah <head>.

MENGENAL GOOGLE WEBMASTER TOOLS
Item Reviewed: MENGENAL GOOGLE WEBMASTER TOOLS 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Info yang menarik dan sangat bermanfaat sekali bagi para blogger. Trima kasih

Thanks sudah berbagi ilmunya, sukses selalu...

sitemapnya dipasang semua tidak apa-apa ya sob?

wow mantab sob info dan tutorialnya, lengkap penjelasannya. salam kenal sobat

Artikelnya menarik dan bermanfaat banget !!!
Terima kasih !!!

good. nice info bngt gan . btw sesekali mampir ke blog ane ya gan :D http://secrets-of-cats.blogspot.com

Thx udah berbagi mampir ke blog saya yak^^

Artikel yang bermanfaat, semoga say bisa !
Mohon untuk Kunjungan Baliknya ya gan
harga-spesifikasi-smartphone.blogspot.com

Emoticon? nyengir

Silahkan meninggalkan komentar dengan bahasa yang relevan dan sopan.. # Don't Spamm ! #

Komentar Terbaru

Just load it!